pada dasarnya, semua film kartun ditujukan untuk kegiatan hiburan. apa jadinya jika kartun yang ditujukan untuk anak-anak ternyata dapat merusak sistem kordinasi otak.
film serial lucu tentang spons dan kawan-kawannya yang hidup dibawah laut ini dianggap dapat membuat anak pra sekolah sulit untuk memusatkan perhatian.

Menurut stasiun berita MSNBC, 12 September 2011, penilaian itu dirangkum dalam sebuah studi yang dipublikasikan jurnal Pediatrics. Studi tersebut menunjukkan, rentang perhatian anak usia prasekolah pada hal lain jadi kacau setelah menyaksikan kartun Spongebob ini.

kemudian dilakukan penelitian dengan 60 anak usia 4 tahun sebagai sampel. 20 anak diberikan tontonan animasi cepat spongebob, 20 anak lainnya diberikan tontonan film lambat lainnya, dan 20 anak yang tersisa diberikan tugas menggambar menggunakan crayon dan spidol.

dari hasil tes ang dilakukan tersebut, peneliti memperoleh hasil bahwa 20 anak yang diberikan tontonan film cepat spongebob memiliki nilai yang paling rendah dari ketiga kelompok anak-anak tersebut. Para peneliti menduga bahwa otak mendapat overtaxed atau lelah dari rangsangan-rangsangan cepat dari kartun animasi Spongebob.

Angelina Lillard dan Peterson Jenifer, mengatakan bahwa anak yang menonton kartun spongebob 9 menit saja sudah memilki efek buruk terhadap fungsi eksekutif otak anak-anak. para orang tua harus waspada terhadap hal ini, karena sedikitnya akan dapat mempengaruhi otak dalam jangka pendek.

tetapi, hal ini tidak terjadi jika anak-anak menonton kartun yang lain. karena anak-anak prasekolah belum mampu mencerna cerita yang bertemp cepat. banyak orang tua yang membiarkan anak-anak mereka menonton acar yang bertempo cepat dengan tujuan agar anak-anak tidak rewel.
tetapi hasilnya adalah anak-anak akan rewel jika film bertempo cepat itu dimatikan.

melalui sebuah penelitian juga terungkap bahwa, jika film yang tidak ditujukan untuk anak prasekolah jika ditonton akan menimbulkan efek buruk bagi anak prasekolah.

dan kebanyakan orang tua lebih mencemaskan berapa banyak waktu yang dipakai anak-anak menonton daripada acara apa yang anak-anak saksikan.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar