pernah membayangkan melihat bumi dari luar angkasa ??
Bumi adalah planet urutan ke-tiga dari ke-delapan planet yang ada di sistem tata surya kita (karena menurut penemuan terbaru pluto bukan planet, karena ukurannya yang terlalu kecil sebagai sebuah planet). 

bumi kita termasuk ke dalam galaksi bima sakti atau milky way, salah satu galaksi yang ada di jagat raya ini. bumi yang kita huni ini sejak dulu sudah banyak mengalami perombakan oleh alam. 

misalnya saja gunung everest, gunung tertinggi di dunia ini dahulunya tercipta karena adanya pertemuan dua lempeng benua besar. karena kedua lempeng benua ini saling mengunci satu sama lain, sehingga permukaan tanah pusat pertemuan kedua lempeng ini memilin keatas dan  menciptakan permukaan pegunungan himalaya, disinilah gunung everest berada, gunung tertinggi di dunia.

sebagai penghuni bumi, kita perlu tahu apa-apa saja fakta-fakta tentang rumah kita ini.

  • jarak bumi ke matahari adalah 150. 000. 000 km, jauh banget ya. padahal cahaya matahari yang sampai ke bumi segitu panasnya. bagaimana rasanya seandainya jarak bumi dan matahari dikurangi beberapa km saja, dampaknya gimana yaa  ?? 
  • kemudian jarak bumi dengan satelitnya, bulan. jarak bumi ke bulan adalah 384.400 km. nggak nyangka, kan ternyata jarak bumi ke bulan sejauh itu.

badai matahari
  • ternyata panas dari cahaya matahari yang kita rasakan di bumi adalah sebagian kecil dari energi panas yang dilepaskan oleh matahari. dikarenakan, saat panas yang terlontar dari matahari ke bumi, atmosfer terluar bumi akan secara otomatis menahan energi yang berlebihan itu. yang sebagian akan tertarik ke kutub utara dan ke kutub selatan yang terlihat sebagai aurora.
  • menurut para ahli, usia bumi hingga saat ini adalah 4,54 miliar tahun. dengan usia setua ini, pasti sudah sangat banyak yang terjadi terhadap bumi kita ini.
bumi dilihat dari bulan

  • apa jadinya seandainya bumi tiba-tiba berhenti bergerak ??  sama halnya seperti sebuah bus yang melaju dengan kencang dan tiba-tiba berhenti, misalnya menabrak pohon. apa yang akan terjadi dengan para penumpang yang ada di dalamnya ?? begitulah jika bumi ini tiba-tiba berhenti, semua penghuninya pasti akan terlempar ke luar angkasa dengan kecepatan tinggi, dikarenakan keccepatan rotasi bumi yang sangat kencang.
https://bayuharyadi.files.wordpress.com/2010/07/solar-system-tata-surya.jpg
perbandingan bumi dengan planet lainnya





Categories:

0 komentar:

Posting Komentar